Gubernur Ridho Tawarkan Agroindustri Lampung ke Jerman Featured

Wednesday, 07 November 2018 06:09
Muaramedia.com, BERLIN--Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo melakukan kunjungan kerja ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin, Jerman. Rombongan bertemu Minister Consellor Kedutaan, Prasetyo Hadi. 
 
Dalam paparannya, Ridho menyampaikan potensi Lampung yang sangat besar di bidang agroindustri. "Kita sedang mengupayakan pengembangan industri dengan harapan mendapatkan bantuan alih teknologi dari Jerman," kata Gubernur Ridho, di Berlin, Minggu (4/11/2018).
 
Pengembangan agroindustri ini, kata Gubernur, terkait penguasaan teknologi untuk anak-anak Lampung. Gubernur berharap lewat kemajuan yang dicapai, ke depan anak-anak Lampung dapat menjadi tuan rumah di wilayahnya.
 
Pada kunjungan diplomatik itu, Gubernur juga memaparkan pengembangan pariwisata. "Kita berharap ada kerja sama agar lebih banyak wisatawan Jerman datang ke Lampung. Kemudian, peningkatan perdagangan agar semakin banyak produk unggulan Lampung terserap pasar Eropa, khususnya Jerman," kata Ridho.
 
Gubernur juga menyampaikan setiap provinsi diberikan kesempatan menjadi ikon pada sebuah ekspo Hannover Messe secara bergantian. Kesempatan itu untuk promosi produk unggulan daerah dan destinasi pariwisata.
 
Menanggapi hal itu, Prasetyo Hadi mengatakan selama ini kerja sama Jerman dan Indonesia untuk peningatkan kompetensi sumber daya manusia yakni Balai Latihan Kerja (BLK). "Ada dana 2 juta Euro dana Kadin Jerman untuk mengembangkan pendidikan di Jakarta, melalui pembinaan sekolah kejuruan. Salah satunya SMKN 26 Jakarta," kata Prasetyo Hadi.
 
Selain itu, melalui Direktorat Pembinaan SMK Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, siswa SMKN 26 Rawamangun Jakarta siswanya magang di perusahaan Jerman seperti Siemens dan Mercedes Benz. Beberapa siswa mendapat kesempatan bekerja di perushaan tersebut setelah lulus.
 
"Sekolah kejuruan di Jerman menerapkan 60% pembelajaran di luar kelas melalui praktek di perusahaan dan 40% pembelajaran di kelas," kata Prasetyo. 
 
Dia mengatakan dalam waktu dekat kerja sama Jerman dan Indonesia akan mengadakan showcase industri 4.0 terbesar di Indonesia. Panitia akan berkunjung ke 34 provinsi untuk penilaian dan setiap provinsi dapat menjadi ikon pada acara tersebut. 
 
Kedutaan Jerman memastikan Lampung menjadi kota pertama roadshow itu. "Indonesia akan menjadi country partner dan menjadi salah satu icon provinsi pada acara promo industri terbesar tersebut," kata Prasetyo.
Rate this item
(0 votes)
Read 17 times

Statistik Pengunjung

002999069
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total
802
3806
24048
2952921
56482
112583
2999069

IP Anda: 54.91.203.233
Server Time: 2018-11-17 05:24:35

Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]