Ada 5 Hal Agar Tubuh Tidak Drop Saat Puasa

Posted on 2 views

Bukan sebuah kepatutan sebagai penganut taat agama Islam mengeluh menjalani ibadah puasa Ramadan. Di sisi lain, tak elok pula sebagai manusia yang punya aktivitas menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Dengan alas agar tubuh tak dehidrasi. Sebab meski puasa sebenarnya tubuh masih menyimpan energi dan nutrisi yang cukup untuk mobilisasi. Asal memperhatikan hal-hal penting secara disiplin supaya tubuh tidak drop saat puasa.

Sungguh ironi, bila di bulan Ramadan ini bila tubuh bukannya tambah sehat. Sebaliknya malah lemas, drop, dan tambah gemuk yang didapat. Penambahan berat badan itu terjadi karena porsi makan di malam hari diperbanyak dari pada hari-hari normal. Selain itu, terlalu banyak tidur, jarang aktivitas bahkan tak olah raga, hingga karena terlalu banyak makan manis-manis juga tak kalah menentukan.
Berikut ini tips atau trik agar kalian tidak mudah lemas saat menjalani puasa:

1. Mengakhirkan waktu sahur

Mengakhirkan waktu sahur adalah sunnah nabi. Ada beberapa hikmah di balik mengapa seseorang dianjurkan untuk mengakhirkan sahur. Sebab bila waktu sahur diakhirkan maka waktu menjalankan puasa juga dapat “diperpendek”. Dengan itu cadangan energi akan dari menu sahur akan mampu mencegah tubuh lemas. Tak lama setelah itu bisa segera mendirikan sholat subuh sekalian. 

Cara yang bisa dilakukan supaya bisa mengakhiri sahur ialah menu hidangannya harus siap paling tidak 20-30 sebelum subuh tiba. Sambil menunggu hidangan utama lebih baik makan buah-buahan dulu dan minum air hangat secukupnya. Pastikan 10-15 menit sebelum waktu subuh tiba menu makanan utama sudah habis. Waktu tersisa digunakan untuk menghabiskan paling tidak 2-4 gelas (1/4-1/2 liter) air minum. Dosis mimun dan buah-buahan tergantung berat badan.
2. Menyegerakan berbuka

Sebagaimana mengakhirkan sahur, menyegerakan berbuka juga salah satu sunnah nabi. Dengan menyegarakan berbukan maka tubuh tak akan terzalimi. Di mana, “alarm” alami tubuh yang memberi tanda waktu untuk segera makan dan minum bisa segera ditunaikan. Jam biologis ini sangat penting dipahami karena organ pencernaan pada dasarnya bekerja sesuai dengan waktunya.