Akhir Ramadan, Kesempatan Emas Menggenjot Amal Sekencang-kencangnya

Posted on 1 views

Tinggal hitungan hari lagi Ramadan akan berakhir. Sudah tak terasa hampir sebulan penuh ibadah puasa serta ibadah sunnah dijalankan. Lalu seberapa besarkah pahala yang sudah dikumpulkan? Sudahkah merasa cukup? Sekali-kali janganlah merasa cukup dalam beramal dan memburu pahala terlebih di bulan suci ini.

Akhir Ramadan adalah kesempatan emas menggenjot amal sekencang-kencangnya. Beberapa hari ini masih ada waktu tersisa untuk mengambil peluang emas ini dalam memanen pahala. Lantas apa sajakah amal yang bisa dilakukan untuk meraup ganjaran sebanyak-banyaknya dari Allah SWT? Berikut ini uraian singkatnya:
 
1. Menggenjot aktivitas online yang positif

Bagi kalian yang tak bisa lepas dari dunia internet sebaiknya gunakan aktivitas online untuk hal positif. Bahkan bila perlu tidak hanya pasif mencari konten positif tapi juga ikut menyebarkan bahkan membuatnya sendiri. Konten itu bisa berupa tulisan, foto, maupun video. Tidak harus terkait langsung dengan bulan Ramadan. Menulis tema apapun tak apa-apa asalkan bisa berdampak positif.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk bershodaqoh atau bahkan menggalang dana untuk membantu orang yang membutuhkan. Agar lebih bersemangat dalam melakukan kebaikan tidak salah bila ikut  challenge atau tantangan kebaikan bulan Ramadan. Misalnya tantangan menghitung dan membayar zakat via online. Bisa juga tantangan mengikuti kajian online dari ustadz tanpa jeda.

Ramadan Challenge (sumber gambar)

2. Melakukan taubat nasuha

Akhir ramadan bisa dijadikan media untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Tentu supaya individu layak mendekat pada-Nya harus bertaubat dulu. Mengakui segala dosa-dosa yang pernah diperbuat disertai melakukan syarat dan rukun taubat yang benar. Dengan begitu dosa-dosanya di masa lalu akan terhapus sehingga ia bagaikan bayi yang baru lahir tanpa dosa.

Bila ternyata dosa-dosa di masa lalunya terkait dengan hak sesama umat manusia maka harus segera dituntaskan. Jangan sampai kesalahan atau kezaliman kepada sesama anak adam mengakibatkan taubat tidak diterima. Oleh sebab itu, segera datangi atau hubungi orang-orang yang pernah disakiti lalu minta maaf. Ingat, kewajibannya hanyalah meminta maaf bukan harus dimaafkan oleh orang tersebut.

3. Berlomba-lomba dalam kebaikan dan taqwa

Bulan puasa adalah bulan penuh berbagai kebaikan. Bulan di mana umat Islam diperintahkan untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan dan taqwa. Di bulan Ramadan ini umat Islam dianjurkan untuk tidak jadi pecundang karena menyerah begitu saja terhadap nafsu. Sebagai Muslim sejati sudah selayaknya bulan puasa dijadikan sebagai sarana belajar mengendalikan nafsu.

Di mana, yang selalu dimunculkan ialah kebaikan-kebaikan dan sisi ketaqwaannya. Tak mau ketinggalan dengan amalan-amalan yang telah dilakukan oleh orang sholeh di sekitar. Bila orang lain bershodaqoh maka kerjarlah capaiannya dengan mengikutinya bershodaqoh. Bila tetangga pergi iktikaf ke Masjid maka temani dia jangan sampai kalah dengan kebaikan yang ia lakukan. Dengan begitu maka orang yang dikejar itu juga akan makin termotivasi melakukan amal kebaikan yang lebih berkualitas lagi.
 
Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan di akhir ramadan untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya. Supaya setelah ramadan ini berakhir tidak akan ada penyesalan. Semoga kita bisa menjadi insan yang hari ini lebih baik dari kemarin. Serta menjadi manusia yang mampu senantiasi mendekatkan diri pada Allah SWT. Aamiin