Apa Arti Manga dan Anime?

Posted on 1 views

Bagi kalian yang sering mendengar istilah “anime” dan “manga” di media sosial tapi tak tahu artinya lebih baik siapkan diri untuk membaca tulisan ini. Anime dan manga merupakan bahasa atau istilah yang berasal dari Jepang. Meski antara anime dan manga memiliki persamaan tapi sebuah kesalahan bila keduanya digunakan untuk satu bidang yang sama.
1.  Manga

Manga berasal dari bahasa Jepang yang  ditulis 漫画” atau “まんが. Artinya komik atau cerita full gambar. Di mana gambar atau lukisannya jauh lebih mendominasi daripada tulisannya. Pembuat manga disebut mangaka. Ciri khas manga selain ceritanya terkait apapun itu tentang Jepang juga teknik dan lokasi pembuatannya dilakukan di Jepang. Pembacanya pun juga dari segala usia. Tidak hanya anak kecil.

Hal itu sangat berbeda sekali dengan komik yang diproduksi di Indonesia. Biasanya orang Indonesia yang sudah dewasa akan sangat malu untuk membaca komik produksi Indonesia. Sebab kesan kekanak-kanakan akan menjadi stempel pembacanya. Hal itu bisa terjadi salah satunya karena jenis (genre) komik di Indonesia tidak beragam. Sedang manga di Jepang sangat beragam temanya meliputi cerita horor, dedektif, humor, petualangan, fantasi, seksual, fiksi ilmiah, dll.

2. Anime

Anime yang dalam tulisan Jepang ditulis “アニメ” merupakan serapan dari bahasa inggris yaitu animation.  Di mana dalam bahasa Indonesia disebut animasi atau gambar bergerak. Pembuatnya disebut animator. Dengan demikian anime merupakan film khas jepang yang  cara pembuatannya dengan merangkai berbagai bentuk lukisan atau gambar yang rancang menggunakan tangan maupun teknologi komputer.

Bisa dikatakan anime merupakan gabungan ribuan pola gambar atau lukisan yang kemudian “digerakkan”. Anime merupakan perpaduan antara seni menggambar dan “seni” menggerakkan kumpulan gambar. Di mana, kekhasan anime jepang dari pada animasi barat ialah selain lokasi produksinya di Jepang biasanya alur ceritanya juga “bergaya” Jepang.

Ilsutrasi anime (sumber gambar)

Dalam konteks Jepang, biasanya anime dibuat berdasarkan dari manga (gambar/komik) yang sudah pernah dicetak dan dikenal masyarakat. Walau kadang kalah ditemui sedikit perbedaan “sensasi” menikmatinya. Bahkan alur ceritanya pun antara di manga dengan di animenya berbeda. Namun, kini banyak anime yang dibuat tanpa harus “didahului” dengan membuat manganya dulu.

Demikian sahabat *Muaramedia* Arti dari Manga dan Anime. Nantikan tulisan menarik kami lainnya terkait anime atau hal-hal lain terkait Jepang.