Beberapa Tips Mudik Hemat Menyenangkan

Posted on 1 views

Mudik merupakan tradisi umat manusia seluruh dunia yang entah mulai kapan ramainya. Tradisi mudik adalah miliki seluruh bangsa terutama bangsa Asia dan Afrika. Di setiap Peringatan Hari Besar Agama (PHBA) puluhan juta manusia berbondong-bondong dalam waktu hampir bersamaan menuju kampung halaman. Kampung di mana tempat orang tua atau mertua menjalani hidup sehari-hari penuh kesahajaan.

Tak ketinggalan, orang Indonesia yang mayoritas Muslim setiap akhir Ramadan juga tak bisa lepas dari budaya mudik. Mereka ramai-ramai serentak menuju kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama orang tersayang. Sayangnya, dalam kasus mudik ini hukum ekonomi turut berbicara. Banyaknya permintaan jasa dan barang dari para pemudik menyebabkan penawaran berada di atas angin. Para penyedia jasa dan penjual sesuatu tersebut melakukan penipuan dengan menaikkan tarif setinggi langit.
Demi kantong tidak jebol serta hati tidak dongkol saat mudik maka berikut ini kami paparkan beberapa tips, kiat, atau trik supaya agenda mudik bisa hemat dan menyenangkan:

1. Perencanaan secara detail

Rencanakan dengan sedetail mungkin acara mudik sehingga tak ada celah lagi untuk terjadi kesalahan. Pilah rencana menjadi dua yakni rencana prioritas dan rencana pendukung. Ingat, ini bukan berarti salah satu di antara rencana itu tidak penting. Semuanya penting tapi harus tetap dipilih mana yang harus didahulukan. Buatlah rencana menjadi tiga bagian. Yakni, rencana saat sebelum melakukan perjalanan mudik (di rumah), rencana saat sedang di tengah perjalanan mudik, dan rencana saat tiba di lokasi tujuan.

Susun pos anggaran secara ketat dan disiplin. Jangan sampai anggaran di pos lain begitu longgar sedang di yang lainnya tampak kedodoran. Hitung secara teliti dan akurat anggaran untuk beli tiket, beli makan, menyewa, atau beli bahan bakar bila naik kendaraan pribadi. Bandingkan harga tiket, sewa, atau kebutuhan kalian lainnya saat mudik dengan penyedia jasa atau penjual pesaing. Bila perlu cari informasi promo atau bahkan tawaran mudik gratis dari perusahaan maupun pemerintah.

2. Gunakan transaksi non tunai

Industri uang elektronik kini makin berkembang pesat. Tak heran bila banyak penyedia jasa transaksi non tunai memberi iming-iming diskon atau hadiah tertentu bila menggunakan transaksi cashless. Salah satunya ialah aplikasi transportasi online. Dengan transaksi non tunai itu mata kalian juga tak bakal jelalatan untuk menghamburkan uang tunai begitu saja. Selain itu tak perlu lagi ada tawar-menawar dan tentunya tak rentan kena tipu. Pada akhirnya platform tersebut juga bisa menjadi manajer keuangan.
Ilustrai hemat anggaran (sumber gambar)

Secara umum beberapa manfaat menggunakan aplikasi transaksi non tunai ialah sudah banyak merchant yang menerima pembayaran non tunai. Tak jarang merchant tersebut menawarkan potongan harga bila kalian menggunakan transaksi non tunai. Jangan khawatirkan masalah keamanan. Dalam sistem transaksi non tunai keamanannya terjamin dengan perlindungan pin atau password. Tentu hanya si pengguna sendiri yang tahu berapa pin-nya sehingga orang lain tak bakal bisa mengakses atau bahkan mengambil sejumlah uang elektronik di dalamnya.

3. Pastikan smartphone terinstall aplikasi pendukung

Agar kenyamanan dan pengalaman mudik menyenangkan pastikan beberapa aplikasi terinstall dalam smartphone kalian. Itu juga dilakukan supaya mudik kalian bisa jauh lebih efisien, aman, dan segera bisa sampai tujuan. Di antara aplikasi tersebut ialah:

a. Google maps

Aplikasi ini sangat membantu kalian dalam menuntun rute terbaik saat memacu kendaraan pribadi. Dengan begitu jarak dan waktu bisa jadi lebih dipersingkat sehingga dengan sendirinya anggaran juga akan berkurang. Bagi yang tak punya kuota atau takut di tengah jalan tak ada sinyal kalian bisa gunakan gogole maps secara offline. Caranya download rute yang telah kalian cari lalu buka mode offline tersebut selama dalam perjalanan. Untuk pengalaman lebih asyik aplikasi peta milik google ini juga menyediakan tampilan gambar nyata berupa tampilan 3 D atau tiga dimensi.

b. JMCare

JMCare adalah aplikasi besutan perusahaan jasa marga. Dengan aplikasi ini kalian bisa meminta bantuan darurat secara real time. Misalnya mobil derek atau tombol bantuan lainnya. Aplikasi ini juga mampu menuntun kalian di mana saja lokasi rest area yang berada di jalur mudik. Lebih dari itu aplikasi ini terhubung dengan CCTV jasa marga yang berada di jalan raya. Dengan begitu kalian bisa memantau arus lalu lintas secara langsung saat itu juga.

c. Mudik BPJS Kesehatan

Aplikasi mudik BPJS Kesehatan merupakan aplikasi untuk jaga-jaga bila terjadi sesuatu hal yang darurat. Aplikasi ini mampu menunjukkan informasi fasilitas kesehatan terdekat baik yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS atau belum. Aplikasi ini juga terhubung dengan Google Maps sehingga tampilan yang disuguhkan bisa lebih dimengerti.

d. YouTube

Aplikasi YouTube sangat membantu kalian dalam menghilangkan kebosanan. Banyak pilihan video yang menarik mulai dari yang berjenis hiburan, wawasan, ilmu, hingga hal yang bersifat informasi ringan. Bahkan juga ada video yang disiarkan secara langsung atau paling tidak bila pun delay (jeda) selisihnya hanya beberapa jam saja. Dengan itu informasi terbaru terkait mudik dan lalu lintas bisa didapat dengan sesegera mungkin.
Demikian beberapa  tips mudik hemat menyenangkan yang telah kami utarakan. Semoga perjalanan mudik benar-benar menyenangkan tapi juga tak harus boros mengeluarkan anggaran keungan. Selamat bermudik ria. Sampaikan salam kami pada keluarga kalian di kampung halaman.