Bukan Sihir atau Mendapat Bantuan dari Jin, Inilah Trik Bengkel Ketok Magic

Posted on 1 views

Masa kejayaan bengkel ketok magic kini tak sesumringah di era sebelum tahun 2000-an. Dulu sebelum akses internet segampang dan semurah sekarang ini tidak banyak yang tahu akan rahasia bengkel unik itu. Bagaimana tidak unik, kesan misterius pada zaman dulu begitu menonjol. Mereka menyimpan rapat-rapat rahasia dibalik super cepat pulihnya kondisi bodi luar mobil.

Zaman dulu, hampir semua reparasi ketok magic menutup rapat bengkelnya dengan tembok, seng, triplek, atau bahan penutup lainnya. Kini meski masih ada yang seperti itu, bengkel perbaikan bodi penyok, lecet, hingga rusak parah sudah membuka diri. Sebab masyarakat sudah pada tahu rahasia dibalik semua ke-magic-an itu. Baik secara mulut ke mulut maupun melalui informasi dunia maya (internet).

Kesan angker, mistis, dan hal-hal yang berbau sihir atau mempekerjakan jin begitu kental di zaman dulu. Hal itu terjadi karena proses pengerjaan bengkel ketok magic dilakukan teramat singkat, murah, dan hasilnya tidak begitu jelek amat. Kenyataan itu amat ketara saat dibandingkan dengan bengkel resmi sesuai merek mobil atau bengkel “resmi” lainnya seperti karoseri atau bengkel body repair.

Selain itu, alat yang digunakan bengkel ketok magic teramat sederhana. Tak ada teknologi modern yang canggih. Tampilan kondisi bengkel juga begitu bersahaja. Tak ada kesan mewah atau bergengsi lainnya. Namun kinerjanya tak kalah jauh dengan hasil reparasi bengkel resmi dengan tingkat kerusakan separah apapun. Barangkali inilah mengapa anggapan keterlibatan makhluk gaib begitu menyeruak di masyarakat pada saat itu.
 
Kelebihan bengkel ketok magic lainnya ialah soal harga hingga lama pengerjaan masih bisa ditawar atau dinegosiasikan. Biasanya mobil lama akan sangat mudah untuk mendapat harga lebih murah. Namun untuk mobil tergolong baru akan sulit untuk menawar harga yang jauh lebih murah lagi. Sebab pemilik mobil baru dianggap orang yang punya uang sehingga pemilik bengkel akan tega untuk mempertahankan harga.

Trik Bengkel Ketok Magic

Nama awal bengkel ketok magic ialah kenteng teter. Istilah “ketok magic” digunakan oleh bengkel body repair itu salah satu tujuannya untuk membangun brand tersendiri. Selain karena namanya sangar merk dagang seperti itu akan dapat mudah diingat oleh pelanggan. Kata magic yang berarti ajaib juga akan memunculkan stigma pada masyarakat bahwa bengkel tersebut memang dikelola secara khusus. Tidak sembarang orang bisa melakukan.

Untuk mobil penyok trik yang dilakukan ialah dengan memartil secara cepat lempengan atau plat besi yang telah ditempelkan ke sekitar bodi penyok. Seharusnya tukang ketok magic yang sudah ahli tidak akan menyerankan untuk mendempul bodi mobil yang “sekadar” penyok. Namun bagi ketog magic yang abal-abal penyok sedikit saja akan meminta biaya lebih dengan alasan harus didempul dan dicat ulang.

Mobil penyok (gambar dimodifikasi dari sini)

Selain menggunakan cara tradisional seperti palu dan plat besi. Tukang ketok magic sekarang ini juga menggunakan alat modern tapi jarang diketahui orang. Trik ini juga hanya berlaku untuk mobil penyok saja bukan rusak parah atau minimal cat terkelupas. Cara kerja alat tersebut ialah menarik keluar pesoknya bodi mobil yang mengarah ke dalam. Bentuknya seperti gagang pintu yang sisi ujung kanan dan kirinya berupa landasan karet. Lalu sisi tengahnya berupa sekrup panjang yang akan menarik bodi desok tersebut. 

Cara yang lain ialah menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer. Kadang juga cukup disiram air panas aja. Alat pemanas tersebut berfungsi untuk memulihkan penyok bodi mobil yang terbuat dari plastik keras. Biasanya terletak di depan mobil yang rawan terkena benturan. Cukup dipanaskan bagian yang penyok sambil di tekan-tekan dari bagian dalam untuk menata permukaan bodi mobil seperti semula.
 
Sebenarnya masih banyak teknik yang “mengejutkan” yang sering digunakan oleh ahli ketok magic yang benar-benar ahli. Banyak alat-alat lain yang sering digunakan seperti pengelas, pencapit, kawat, dan alat-alat yang masih dirahasiakan. Alat sederhana tapi sangat manjur untuk memulihkan keadaan bodi mobil yang rusak. Oleh sebab itu jangan sembarang pilih ketok magic. Pilihlah ketok magic yang benar-benar kreatis yang punya sejuta akal untuk memecahkan masalah mobil kalian.