Inilah 4 Hal yang Bisa Menurunkan Performa Otak

Posted on 2 views

Otak adalah alat paling vital dalam tubuh. Dialah yang mengendalikan semua jenis sistem pergerakan sadar maupun tak sadar dalam tubuh. Satu-satunya organ tubuh manusia yang tak dapat ditransplantasi (cangkok) adalah otak. Paru-paru dan jantung bisa dicangkokkan meski membutuhkan biaya mahal.

Secanggih apapun otak yang dimiliki manusia ia pasti memiliki keterbatasan. Ia hanyalah “benda” yang punya umur. Suatu saat pasti akan menemui masa akhirnya. Namun, penurunan performa otak tidak hanya bisa terjadi secara alami ketika usia sudah sepuh. Dalam usia muda pun manusia bisa mengalami penurunan performa otak.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi biang kerok mengapa kemampuan otak bisa semakin menurun:

1.  Durasi dan frenkuensi mengemudi kendaraan yang tinggi

Berdasarkan penelitian terlalu sering dan lama menyetir kendaraan ternyata berefek negatif bagi kesehatan. Di mana seseorang yang menyetir minimal 2-3 sehari akan berdampak buruk pada organ tubuhnya. Salah satu diantaranya otak dan hati.  Akibatnya mereka memiliki kemampuan otak yang lebih rendah. Sayangnya itu akan terus menurun dari waktu ke waktu.
ilustrasi otak (sumber gambar)

Salah satu alasan kenapa mengemudi mobil bisa menyebabkan hal buruk bagi otak adalah karena pikiran tidak benar-benar aktif saat menyetir. Bisa dikatakan sering mengemudi bisa menurunkan tingkat kognisi individu. Efek tersebut hampir sama ketika seseorang lebih banyak bermain game atau menonton TV dengan durasi yang sama.

2. Terlalu banyak dan kurang tidur

Untuk alasan kedua ini pernah dibahas secara komplit di postingan website *Muaramedia* berjudul ” Terlalu Banyak Tidur dan Kurang Tidur Saat Puasa, Inilah Bahayanya “. Baik kurang maupun terlalu banyak tidur dalam menganggu konsentrasi otak. Bila hal itu sering terjadi atau sudah menjadi kebiasaan akan menyebabkan penurunan kinerja otak. Bahkan penyakit otak bisa mengancam.

3. Kurang menjaga “vitalitas” otak 

Sebagaimana organ tubuh lainnya otak juga butuh perhatian khusus. Ternyata olah raga misalnya lari tidak hanya baik untuk jantung dan paru-paru. Dengan olah raga peradaran darah dalam otak akan lancar sehingga asupan oksigen ke otak akan lancar. Dengan begitu kerja otak akan menjadi ringan karena otak tak akan cepat kelelahan.

Olah raga tanpa diberi suplai makanan yang bergizi tidaklah cukup. Otak butuh nutrisi berkualitas dari makanan yang masuk ke lambung. Bila makanan tak bergizi bahkan junk food atau makanan cepat saja lebih sering dan banyak di makan makan akan ikut menurunkan kinerja otak. Akibatnya fungsi otak akan terganggu misalnya sering lupa. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk sarapan ya.

4. Konsumsi zat adiktif

Zat adiktif adalah makanan, minuman, obatan-obatan, atau bahan lainnya yang apabila dikonsumsi akan menimbulkan kecanduan. Contohnya seperti rokok, alkohol, dan narkoba. Bila zat itu dikonsumsi secara rutin baik dalam jumlah banyak maupun sedikit akan dapat menimbulkan kerusakan badan dan syarat. Hal itu juga akan berefek pada emosi serta pikiran seseorang yang terganggu.

Setelah membaca tulisan ini diharapkan kalian mampu untuk lebih perhatian lagi pada organ tubuh yang bernama otak. Sebab otaklah yang berguna untuk membangun rumah tangga hingga negara yang makmur. Otak pula yang dapat menjadikan kita bisa manusia bermanfaat bagi orang lain. Demikian tulisan ini dibuat. Semoga bermanfaat.