Inilah 6 Kuliner Kesukaan Rasulallah yang Ada di Indonesia

Posted on 1 views

Nabi Muhammad selain menjadi Rasulallah atau utusan Allah, beliau memiliki peran lain dalam kehidupan masyarakat. Di antara peran ganda Nabi ialah sebagai kepala negara, hakim, panglima perang, hingga menjadi manusia biasa.
 
Layaknya manusia lain, beliau juga memiliki makanan favorit. Bukan hanya kurma, buah tin (buah ara), jelai, dan jenis makanan maupun minuman yang tak bisa ditemukan di Indonesia. Ternyata beliau juga menggemari makanan lainnya. Lebih menakjubkan lagi makanan itu juga dengan mudah bisa ditemui di Indonesia.

Di antara kuliner kesukaan Rasulallah yang ada di Indonesia ialah sebagai berikut:

1. Daging kambing

Nabi Muhammad sangat menyukai daging kambing. Terutama bagian lengan kaki depan dan paha kaki belakang. Beliau menyukai bagian tubuh kambing itu karena rasanya manis dan punya aroma yang khas. Namun, tidak begitu diketahui bagaimana olahan kambing yang dipilih Rasul. Apakah dibakar, digulai, direndang, disemur, atau yang lainnya?

2. Susu kambing

Salah satu minuman yang jadi kegemaran Nabi ialah susu kambing segar. Di mana langsung diminum seketika setelah diperah. Susu kambing ini selain minuman halal ternyata merupakan jenis kuliner yang thoyib. Yakni, memiliki nilai kebaikan sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Dengan demikian susu kambing masuk standar makanan halalan thoyyiban.

3. Madu 

Madu selain menjadi kuliner favorit Rasulallah nyatanya di dalam al Quran juga dinasehatkan untuk mengonsumsinya. Oleh sebab itu tidak mengagetkan bila beliau sangat menyenangi madu. Sebab di dalamnya banyak berjuta manfaat. Selain manfaat fisik atau dunia ternyata juga mengandung keberkahan yang luar biasa.

4. Jamur

Rasulullah pernah bersabda bahwa jamur merupakan satu anugerah yang sangat istimewa. Di dalamnya mengandung obat yang menyembuhkan mata. Pujian beliau terhadap jamur merupakan tanda bahwa beliau sangat menyukai jamur sebagai salah satu menu favorit. 

5. Semangka

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad pernah memakan semangka bersama kurma muda (ruthab). Rasul beberapa kali memuji makanan ini. Baik pujian terhadap kesehatan maupun pujian karena efek kenikmatan setelah memakannya.
 
semangka merah dan semangka kuning (sumber gambar)

6. Anggur

Al Quran surat Ar-Ra’d ayat 4 telah memuji Anggur sebagai buah yang memiliki kelebihan di bidang rasa di banding buah jenis lainnya. Kadang Rasulullah memakan anggur dengan mengginggit langsung dari tangkai. Alhasil, tampak air anggur itu pada jenggot beliau seperti mutiara. 

Dari penjelasan di atas tidak salah bila dikatakan Nabi Muhammad lebih cenderung vegetarian. Yakni, lebih gemar menyantap makanan yang berasal dari tumbuhan daripada berasal dari hewan. Serta hampir semua makanan yang beliau konsumsi merupakan hidangan yang punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Itulah beberapa makanan kesukaan Nabi dari beberapa yang beliau sukai yang tak rugi bila diketahui. Namun demikian, perlu ditekankan bahwa beliau tidak makan secara berlebih-lebihan terhadap menu kuliner tersebut. Prinsip beliau tegas yaitu berhenti makan sebelum kenyang dan memulai makan sebelum lapar. 

Dengan membaca tulisan tersebut semoga kalian jadi makin cinta pada Rasulallah SAW. Meneladani pola hidup sehat beliau yang agar memenuhi hak perutnya secara wajar. Yakni, mengisi lambung dengan sepertiga minuman, sepertiga makanan, dan sepertiga udara. Semoga tulisan ini bermanfaat.