Inilah Negara yang Waktu Sahur-Buka Terpanjang dan Terpendek

Posted on 1 views

Waktu menjalankan ibadah puasa tidaklah tetap setiap tahunnya. Sebab umat Islam tidak menggunakan kalender Masehi dalam menentukkan kapan waktu puasa mulai dan diakhiri. Hal itu mengakibatkan durasi menjalankan puasa juga berbeda antara wilayah atau negara satu dengan yang lainnya.

Di Indonesia sendiri, pada Ramadan 1440 Hijriah (2019 M) ini lama waktu berpuasa kurang lebih 13,5 jam. Lantas bagaimana dengan durasi berpuasa di belahan bumi lainnya? Menurut catatan kota Murmansk wilayah Rusia sebelah barat laut berbatasan dengan Finlandia, hanya memiliki 3 jam malam. Di mana matahari terbit pukul 01.41.
 
Adapun kota Ushuaia, wilayah paling selatan benua Amerika Raya di Negara Argentina dinobatkan sebagai kota terpendek durasi puasanya. Di mana waktu lama berpuasanya “hanya” 11 jam. Yakni mulai pukul 06.57-17.57 waktu setempat. Rentang waktu itu sebenarnya juga tak jauh beda dengan di Indonesia. Cuma selisih 2-3 jam.

Dalam konteks benua Asia, diperkirakan Indonesia menduduki ranking kedua yang punya durasi waktu sahur-buka terpendek di Asia. Sedangkan urutan pertama sebagaimana dikutip dari cuponation bahwa Timor Leste memiliki durasi terpendek. Di mana, “hanya” memiliki rentang puasa 13 lebih 9 menit.
 
Secara rinci berikut ini adalah grafik durasi menjalankan ibadah puasa mulai dari terlama hingga tercepat:

(sumber gambar)

Menghadapi kenyataan di atas. Ada beberapa pendapat terkait bagaimana sebaiknya menetapkan “hukum” pasti bagi penganut Islam. Yakni, tentang berapa lama waktu yang seharusnya dilakukan di negara-negara yang punya durasi waktu siang hari yang terlampau lama atau waktunya siang ke malamnya sulit dibedakan. Yakni, lebih dari 20 jam.

Sebagian ulama menyatakan bahwa umat Islam diwajibkan untuk mengikuti durasi puasa di kota paling dekat yang punya pembagian atau batas waktu yang jelas. Yakni, terdapat ketetapan yang kuat mana waktu siangnya dan mana waktu malamnya. Di mana waktu siang dan malamnya hampir berimbang. Tentunya jelas juga mana waktu fajar serta mana waktu tenggelamnya matahari.