Jangan Santap 3 Jenis Makanan Ini Saat Sahur

Posted on 1 views

Bersahur sangat dianjurkan sekali oleh Nabi Muhammad SAW. Sebab di dalam sahur tersebut mengandung berkah. Untuk mengoptimalkan berkah yang didapat maka sepatutnya menu sahur yang disantap juga tak sembarangan.

Bila kualitas menu sahur terjaga maka “modal” untuk menjalani ibadah akan terjamin. Tubuh tidak menjadi drop saat puasa. Sedangkan untuk anak bila menu sahurnya pilihan maka anak akan berhasil dalam menjalani belajar puasa.

Perlu dipahami ulang bahwa menu sahur bukanlah menu pengganti sarapan saja. Namun juga ia mengganti menu makan siang. Hal itu bukan berarti hanya pindah jam makan saja. Sebab menu makanan pada hari biasa idealnya tidak semuanya bisa disantap saat sahur.

 
Ilustrasi menu sahur (sumber gambar)

Berikut ini beberapa santapan yang harus dihindari saat sahur:

1. Makanan berminyak

Makanan berminyak mengandung kadar lemak yang cukup tinggi. Efek jangka pendek terhadap makanan berminyak berbeda satu orang dengan yang lainnya. Bagi seseorang makanan berminyak dapat menyebabkan sembelit atau BAB. Namun, bagi sebagian lain malah menyebabkan “diare”.

Baik sembelit maupun diare, keduanya akan sangat mengganggu jalannya ibadah puasa. Oleh sebab itu hindarilah makanan berminyak seperti jajan gorengan, ayam goreng, atau makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak penggorengan.

2. Makanan yang bikin lidah “bergoyang”

Makanan pedas, asin, hingga terlalu manis merupakan jenis menu yang harus dihindari saat sahur. Sensasi yang didapat setelah memakannya tidak akan sebanding dengan rasa haus yang diterima. Efek lainnya bila menyantap makanan pedas ialah diare sehingga menyebabkan dehidrasi ringan.

Contoh makanan yang bikin lidah “kering” yang harus dihindari ialah manisan, permen, ikan asin, sambal, kacang asin, acar, makanan kaleng, kuaci,  serta jenis makanan lain yang mengandung gula, garam, penyedap rasa, dan lombok yang cukup banyak sehingga bikin lidah “bergoyang”. Salah satu menu sahur favorit anak kost yang sebenarnya harus dihindari dalam kasus ini adalah MIE INSTAN.

3. Makan mengandun kabrohidrat sederhana

Nasi merupakan salah satu contoh bentuk makan mengandung kabrohidrat sederhana. Efek dari mengonsumsi jenis makanan ini adalah bila dimakan akan cepat merasa kenyang tapi juga akan cepat pula lapar. Akibatnya cadangan energi yang didapat dari makanan akan cepat habis.

Selain nasi contoh karbrohidrat sederhana ialah keju, susu, gula pasir, sosis, kue kering, minuman ringan, permen, dan yang semacamnya. Ini bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Tapi harus diimbangi dengan asupan makan kabrohidrat kompleks. Misalnya buah-buahan, beras merah, roti gandum, dan sayuran tertentu.

Setelah membaca tulisan ini diharapkan kalian lebih perhatian pada menu apa yang disantap saat sahur. Sebab menu sembarangan tanpa diseleksi jangka pendeknya dapat menyebabkan perut “bermasalah”. Dengan begitu ibadah puasa tidak akan bisa dijalankan dengan nyaman. Selamat berpuasa. Semoga amal ibadah kita diterima.