Langkah Mudah Bagi Blogger Menanam Link (Backlink) dan Menjadi Penulis di Viva.co.id

Posted on 1 views

Menanam link atau backlink di situs terkenal atau berkualitas merupakan salah satu cara bagi blogger untuk meningkatkan DA dan PA. Yakni, Domain Authority dan Page Authority. Keduanya merupakan tolok ukur kekuatan blog dalam lingkup perhalaman maupun secara keseluruhan. Semakin situs itu terkenal, linknya banyak tertanam di situs berkualitas, dan setiap halamannya sering muncul di mesin pencarian maka nilai DA maupun PA itu semakin tinggi.

Tak hanya bermanfaat bagi performa blog, menanam link ke situs populer seperti Viva.co.id punya banyak manfaat. Seperti misalnya penulis maupun link blog akan mendapat promosi gratis hingga berbuah ketenaran. Bila menjadi penulis “murni” di Viva.co.id tanpa tanam link blog maka berpotensi mendapat bayaran. Tentu uang yang diterima disesuaikan dengan seberapa banyak artikel kalian dikunjungi (views). Semakin banyak views yang dihasilkan maka semakin banyak transferan uang yang diterima melalui rekening bank yang telah didaftarkan pada Viva.co.id.

Rubrik Viva.co.id yang khusus untuk menampung bakat dan minat para blogger itu disebut Vstory. Di mana Vstory adalah kanal blogger atau kontributor yang ingin berbagi sebuah tulisan di platform Viva.co.id. Dengan demikian tulisan yang disubmit di Vstory harus tulisan yang benar-benar baru (tidak plagiat). Selain itu, bagi kalian yang ingin tanam link artikel blog, juga bisa submit artikel yang sudah tayang di blog kalian. Tentu saat submit kalian juga harus menyertakan link lengkap artikel di blog.

Lalu sulit tidak sih melakukan registrasinya? Jawabannya sangat mudah. Tidak sampai 30 menit. Mudah tidak artikel yang telah disubmit bakal diterima atau ditampilkan pada situs Viva.co.id? Bila registrasi kalian sudah dilakukan secara tuntas tanpa ada kolom yang terlewatkan sedikitpun maka potensi untuk diterima semakin besar. Tentu kalian juga harus tidak asal pilih artikel dari Blog yang ingin dipromosikan di Viva.co.id.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan supaya bisa menjadi penulis lepas di Viva.co.id dan agar artikel beserta link blog kalian dapat dimuat di Viva.co.id.

1.  Buka situs Viva.co.id

2. Lalu pilih ikon akun profil yang berupa tanda bulat di sisi pojok kanan atas. Atau bisa langsung kunjungi link ini: https://www.viva.co.id/user/login

halaman login sebelum men-submit artikel ke viva.co.id

3.  Setelah masuk halaman login pilih link “Daftar di sini” yang letaknya paling bawah.
 
Halaman pendaftaran Vstory
 
4.  Lalu submit nama akun, alamat surel atau surat elektronik (email), dan kata sandi. Perlu diingat bahwa nama akun yang diinput tidak boleh ada spasi. Nama akun bukanlah nama legal atau nama resmi. Lalu centang dua kolom di atas tombol “Daftar”

5. Kalian akan mendapat email aktivasi dari Viva.co.id untuk mengaktifkan akun anggota Vstory. Kalian akan menerima link aktivasi di email itu yang harus kalian buka.

6. Setelah itu lakukan login ke akun member Vstory di Viva.co.id.

7. Isi beberapa kolom yang berada di data diri blogger yang disediakan oleh Viva.co.id pada menu atau tombol “PROFILE” member seperti Personal, Legal, Pembayaran, dan Setting. Semua kolom itu wajib untuk diisi agar artikel kalian bisa dimuat. Siapkan foto KTP, foto NPWP, nomor rekening bank, dan foto diri terbaru.

8. Setelah semua kolom profile diisi lengkap langkah selanjutnya pilih tombol link “VSOTRY” letaknya di atas tombol “PROFILE”. Di sana ada kolom seperti New Story, Syarat & Ketentuan, Credit Point, dan Publish. Tombol “New Sotry” itu khusus digunakan bagi kalian yang ingin menulis secara murni tanpa tanam link. Artinya tulisannya harus benar-benar baru (tidak plagiat). Gunakan tampilan versi desktop untuk menulis artikel di sana.

9. Khusus untuk kalian yang hanya ingin menanam link atau backlink di viva.co.id kalian juga wajib menggunakan tampilan versi desktop melalui komputer atau laptop. Kemudian silakan buka tombol “KIRIM BLOG” di link ini: https://www.viva.co.id/user/blog/compose

Kolom pengisian halaman “KIRIM BLOG” untuk dipromosikan pada Viva.co.id



10. Pada kolom pengisian “KIRIM BLOG” di atas kalian harus memperhatikan hal-hal penting seperti:

a. Pada kolom “Judul Blog”, Maksudnya ialah memasukkan judul artikel di blog yang linknya ingin ditanam di Viva.co.id. 

b. Lalu pilih button “Kategori” yang sesuai dengan tulisan. Pilihan kategorinya sangat beragam seperti Teknologi, Gadget, Tips Blog, Sosial, Budaya, Sejarah, dan masih banyak lainnya.
 
c. Dilanjutkan dengan mengisi kolom “Isi Blog”. Sebagai catatan jangan masukkan semua isi artikel ke kolom ini. Cukup masukkan bagian pembuka atau prolog artikel. Sekitar 2 atau 3 paragraf.

d. Lalu isi kolom “URL Blog” dengan link lengkap artikel kalian yang ingin ditanam linknya di Viva.co.id.

e. Pada kolom “File” masukkan gambar yang terkait dengan artikel. Kualitas gambar harus baik atau tidak buram.

f. Centang kolom “Saya menyetujui syarat dan ketentuan berlaku” dan kolom “Saya bukan robot” yang terletak di bagian bawah

g. Tekan tombol “KIRIM BLOG” yang letaknya paling bawah.
11. Kadang kalian akan menerima email bila Blog kalian diterima untuk dipromosikan di Viva.co.id. Seringlah melihat link ini: https://www.viva.co.id/blog setelah kalian melakukan submit artikel dan link blog agar tahu link kalian dimuat atau tidak.

12. Bila tidak dapat email, berdasar pengalaman pribadi dalam waktu 24 jam bila tulisan di blog tidak muncul di viva berarti tidak diterima. Oleh sebab itu dalam waktu 24 jam setelah “KIRIM BLOG” seringlah membuka viva.co.id untuk mengecek artikel blog dimuat atau tidak.

Saran Agar Artikel Beserta Link Blog Kalian Mudah Diterima Viva.co.id

Viva memberi kesempatan bagi Blogger untuk mempromosikan blog di situs Viva. Tentu bukan sembarang blog, artikel, beserta linknya yang akan diterima. Hanya blog terbaik dan paling menarik yang diutamakan. Namun, kalian jangan berkecil hati dulu. Ada langkah lain untuk menyiasati agar tulisan kalian bisa diterima. Salah satu di antaranya adalah:

1. Pasang Widget Viva di kolom Gadget blog kalian.  Scriptnya bisa kalian dapatkan di halaman “KIRIM BLOG” letaknya paling atas seperti tampilan di atas. Viva sendiri menyatakan bahwa akan memprioritaskan blogger yang telah mamasang Widget Viva di blog masing-masing.

2. Input artikel dan link artikel blog sebanyak mungkin. Utamakan tulisan terbaru di blog kalian dan tentu merupakan tulisan yang paling menarik atau unik.

3. Blog TLD (top level domain) atau non TLD serta berbayar atau gratisan tidak terlalu dipandang Viva. Hal yang paling diutamakan Viva adalah kontennya. Tidak harus panjang lebar. Tulisan sederhana tapi bisa menjawab kebutuhan pembaca juga bisa diterima.
 
4. Jika Artikel beserta link blog kalian tidak dimuat maka cobalah di lain waktu. Tentu kalian harus menginput artikel lainnya yang belum pernah diajukan ke Viva. Lebih baik lagi bila artikel terbaru di blog kalian tersebut memang khusus disiapkan untuk bisa “tayang” di Viva.co.id
 
5. Gunakan gambar utama yang menarik dan berkualitas baik. Diutamakan gambar koleksi pribadi bukan hasil pencarian di mesin pencarian. Bila gambar itu dari situs lain maka cantumkan sumbernya. Gunakan gambar yang jarang ditemukan pada internet dalam negeri.