Lima Jenis Aplikasi Mobile yang Sangat Bermanfaat Bagi Pelancong (Traveller)

Posted on 1 views

Istilah dunia dalam genggaman di zaman sekarang ini bukan isapan jempol belaka. Dengan menggunakan jari untuk mengakses aplikasi di smartphone manusia sudah mampu melalang buana. Yups, aplikasi seluler yang banyak jenis, kegunaan, dan spesifikasinya itu mampu memanjakan manusia. Ibaratnya tanpa menggerakkan kaki dan tangan terlalu banyak pun manusia bisa ke mana-mana.

Sebelum kalian melakukan perjalanan ke luar kota alangkah lebih baik kalian menginstall dulu aplikasi mobile untuk menunjang saat berpergian. Terlebih lagi bila kalian pergi keluar daerah tidak menggunakan kendaraan pribadi dan harus menginap di sana. Berikut ini beberapa aplikasi yang wajib kalian miliki saat melancong.

1.  Aplikasi Peta

Aplikasi pemandu sangat berguna sekali  untuk keperluan remeh temeh hingga hal yang bersifat urgen. Mulai dari untuk mencari tempat makan, klinik (rumah sakit), hingga untuk mencari tempat penginapan. Aplikasi penunjuk arah juga sangat membantu kalian saat sedang ingin memesan transportasi online. Salah satunya untuk pembanding peta yang ditunjukkan di aplikasi transportasi online yang biasanya tampilannya kurang detail.

Salah satu aplikasi peta atau penunjuk arah yang paling sohor ialah Google Maps dan Waze. Kedua aplikasi itu memiliki keunggulan masing-masing. Google Maps misalnya punya banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk memandu kalian secara komprehensif. Info terkait perjalanan yang ingin kalian lakukan dapat ditemukan dalam aplikasi itu. Mulai dari info kepadatan lalu lintas, estimasi lama perjalanan, hingga info tempat menarik yang cocok untuk kebiasaan kalian.
 
2. Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi ini sangat penting sekali bagi pelancong yang dalam mobilitasnya bergantung pada transportasi umum. Dengan memilikinya kalian bisa berpindah dengan leluasa dari sekitar terminal, stasiun, pelabuhan, hingga bandara ke tempat tujuan akhir maupun menuju lokasi transit. Tak perlu tawar menawar harga dan tak perlu menunggu waktu lama yang tak jelas kapan kendaraan diberangkatkan.

Beberapa contoh aplikasi untuk menunjang perjalanan

Secara umum tarif transportasi online sangat terjangkau. Terlebih lagi saat antara dua platform seperti Grab dan Gojek sedang perang harga. Mereka akan memberi diskon besar-besaran pada pelanggan. Tinggal pintar-pintarnya konsumen saja untuk mencari celah agar bisa mendapat harga murah. Salah satunya dengan memiliki dua aplikasi Grab maupun Gojek sekaligus. Supaya kalian saat ingin melakukan perjalanan bisa membandingkan mana tarif termurah.

3. Aplikasi Pesan Tiket Transportasi 

Bagi kalian yang suka naik bus, kereta, dan pesawat sekarang ini tak perlu lagi repot-repot beli tiket ke loket penjualan maupun ke agen tiket. Cukup download aplikasi redBus kalian bisa memesan tiket bus malam. Dengan menggunakan aplikasi KAI Access kalian bisa memesan tiket kereta api. Atau menggunakan aplikasi lainnya yang menunjang untuk pembelian tiket transportasi jarak jauh.

4. Aplikasi Pesan Penginapan 

Bila sedang berpergian keluar kota serta tidak memungkinkan untuk pulang di hari sama alangkah lebih baik untuk memiliki aplikasi ini. Harga yang ditawarkan lengkap mulai dari yang termurah hingga mewah. Tinggal pintar-pintarnya saja mencari tempat penginapan yang murah berkualitas. Sebab tak jarang ditemui hotel yang bertarif cukup atas tapi fasilitas yang diberikan tak sepadan. Sebaliknya harga hotel yang terjangkau tapi fasilitasi yang diberikan sesuai harga tapi tak mengecewakan.
 
Salah satu aplikasi penginapan yang terkenal adalah Reddoorz. Aplikasi tersebut merupakan penyedia informasi sekaligus pemesanan penginapan bagi hotel yang mengadakan kerja sama dengannya. Ada juga aplikasi yang bernama mamikos yang juga tak kalah menariknya. Sekali lagi dibutuhkan kejelian pelanggan untuk mendapatkan harga kamar yang murah. Jangan ragu untuk membandingkan harga dan peforma hotel di aplikasi lainnya.

5. Aplikasi Dompet Digital

Untuk keamanan dan kenyamanan saat berpergian memiliki aplikasi uang digital sangatlah penting. Sebut saja seperti aplikasi OVO, GoyPay, Jenius BTPN, BRI  Mobile Banking, BNI Mobile Banking, dan lain-lain. Dengan “dompet digital” itu kalian bisa memesan transportasi online, hotel, hingga makan atau belanja di tempat yang menyediakan transaksi non tunai. Tak perlu khawatir uang akan hilang terjatuh atau kena tipu saat transaksi. Dengan transaksi digital itu kalian juga mendukung pengurangan penggunaan uang kertas.