Lima Manfaat Ontong atau Jantung Pisang Bagi Rahim Hingga Penderita Diabetes

Posted on 1 views

Janganlah meremahkan makanan murah serta yang mudah didapat. Ambil contoh saja buah Ciplukan yang dulu diabaikan sehingga banyak tumbuh liar di pekarangan rumah. Rupanya tanaman yang diremehkan itu punya berjuta khasiat bagi kesehatan sehingga kini dijual mahal. Namun sayang kini ia makin jarang ditemukan.

Begitu pula jantung pisang atau orang jawa menyebutnya ontong yang sekarang ini masih mudah didapat. Jangan meremehkannya. Sebab ia juga sangat berguna bagi kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Ontong yang saat ini masih mudah ditemui dan harganya pun tak terlalu mahal sangat berguna dalam mencegah maupun mengatasi beberapa penyakit.

Ironis, kini olahan jantung pisang yang sebenarnya sangat sedap mulai jarang diminati. Padahal dulu ia menjadi menu utama pendamping nasi yang biasanya disajikan dalam bentuk sayur lodeh. Barangkali sekarang banyak orang yang lebih mengunggulkan gengsi daripada menjaga tradisi. Mereka lebih memilih menu makanan instan yang juga banyak bumbu kimiawinya.

Bagi kalian generasi 90-an ke bawah seraya mengingat lagi bagaimana rasa olahan ontong pisang mari kita simak beberapa manfaat jantung pisang bagi kesehatan. Selengkapnya sebagai berikut:

1. Sebagai Penangkal Radikal Bebas (antioksidan)

Ontong bermanfaat sebagai penangkal “racun”. Bukan racun mematikan tapi racun yang bersifat radikal bebas. Kandungan radikal bebas dalam tubuh yang berasal dari luar maupun dalam tubuh manusia sendiri akan dinetralisir oleh senyawa antikosidan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada ontong pisang mampu membuat tubuh mencegah terserang penyakit kanker, jantung, berkurangnya kemampuan melihat, hingga Alzheimer.

2. Sebagai Persiapan Sebelum Melahirkan

Masa kehamilan adalah masa rentan. Terutama bagi ibu yang masih pertama kali melahirkan. Jantung pisang bagi ibu hamil sangat bermanfaat. Salah satunya adalah mencegah perkembangan bakteri sehingga dapat menimbulkan infeksi yang semakin mengancam. Ini sangat bermafaat saat terjadi pendarahan akibat kelahiran normal maupun sesar. Selain itu ontong juga bisa mengatasi sembelit yang sering muncul pasca kelahiran, melancarkan ASI, dan menjaga kondisi rahim dari infeksi baik itu sebelum maupun pasca melahirkan.

Ontong atau jantung pisang (sumber gambar)

3. Mencegah Gangguan Menstruasi

Menstruasi yang mengalami gangguan salah satunya mengakibatkan pendarahan “besar” yang keluar deras dari rahimnya.  Peristiwa bercucurnya darah haid itu biasanya terjadi dalam tempo singkat. Kombinasi ontong pisang dan yoghurt merupakan sajian bagus untuk mengatasi pendarahan hebat tersebut. Keduanya selain mampu menghambat keluarnya darah yang banyak sehingga menjadi sedikit juga bisa membuat tubuh berangsur segar setelah kehilangan banyak darah. Selain itu Jantung pisang juga dapat menghilangkan nyeri menstruasi serta mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

4.  Mengobati Anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan sel darah merah (hemoglobin) yang berfungsi sebagai penyebar oksigen ke seluruh tubuh. Menyantap ontong pisang kaya zat besi dalam bentuk apapun dapat meningkatkan kadar hemoglobin.  Dengan begitu masalah anemia dapat diatasi dengan cepat sehingga badan tidak lagi lemas. Efek ini akan makin kuat bila kalian mengonsumsi makanan atau suplemen yang mampu meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Dengan begitu kondisi darah akan menjadi sehat sehingga gejala turunannya termasuk anemia akan teratasi.

5. Ramah Dikonsumsi Penderita Diabetes

Bunga pisang dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah hingga pada batas tertentu. Jenis diabetes tertentu memang tidak bisa disembuhkan secara total. Akan tetapi dengan mengonsumsi jantung pisang yang kaya serat penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula darahnya. Sebab ontong ternyata mampu membuat tubuh memperlambat dalam mencerna makanan. Dengan itu juga akan mampu mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang menyebabkan komplikasi diabetes dalam jangka panjang.  Terutama ialah rebusan air ontong (tanpa bumbu) sangat efektif dalam menurunkan kadar gula.

Setelah membaca tulisan ini semoga kalian jadi lebih tahu lagi betapa jantung pisang itu sangat berarti. Dengan begitu kalian tidak lagi meremehkan ontong pisang. Sebab meski murah nyatanya jantung pisang banyak mengandung berkah. Kalau malu atau tidak mampu mengolahnya beli saja ontong siap saji di rumah makan. Selamat menikmati hidangan asli Indonesia.

Disclaimer: Tidak semua jenis jantung pisang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa justru jantung pisang jenis tertentu malah membahayakan bagi ibu hamil atau penderita penyakit tertentu. Oleh sebab itu sebelum memutuskan memakan jantung pisang terutama untuk pencegahan atau penyembuhan penyakit lebih baik hubungi dokter kesayangan kalian untuk meminta pendapat terbaik.