Mengapa Tulisan AMBULANCE Ditulis Terbalik Menjadi ECNALUBMA? Ternyata Ini 3 Alasannya

Posted on 1 views

Ambulans adalah kendaraan yang dilengkapi peralatan beserta tenaga medisnya untuk mengangkut orang sakit terutama yang kritis hingga meninggal dunia. Di mana, seringkali ambulans yang sedang menjemput maupun mengantar orang sakit akan membunyikan sirene sebagai tanda darurat. Sedang bila dalam keadaan stand by alias siap siaga dengung sirene tak akan dinyalakan.

Kerap kali ditemui mobil ambulans dari semua jenisnya, baik milik rumah sakit negeri maupun swasta dan milik sukarelawan maupun tenaga medis darurat tulisan AMBULANCE ditulis terbalik menjadi ECNALUBMA. Mengapa demikian? Jawabannya tentu terkait dengan betapa ambulans itu merupakan kendaraan prioritas selain kendaraan pejabat yang sedang berdinas saat menggunakan jalan raya. 


ECNALUBMA (sumber gambar)

Tulisan AMBULANCE itu sangat penting untuk membedakan dengan kendaraan bersirene lainnya. Sebab banyak sekali jenis alat transportasi yang “berhak” dan boleh untuk dipasangi sirine dengan alasan sebagai kendaraan prioritas karena bersifat penting dan darurat. Umumnya hanya kendaraan ambulans dan polisi yang diberi tulisan AMBULANCE dan POLICE atau POLISI.

Banyak yang tak menyadari  bahkan terpikirkan pun tidak mengapa tulisan AMBULANCE sengaja dibalik? Sebagian orang sudah tahu jawabannya. Namun sebagian yang lain belum tahu jawabannya didiskusikan di dunia maya sedimikian rupa. Bahkan kasus “keributan” jaga internet terkait tulisan AMBULANCE terbalik juga terjadi di seluruh dunia. Hal itu bisa terjadi karena pertanyaan itu menjadi bahkan diskusi menarik bagi kalangan anak muda.

Tatkala ambulans sedang mengangkut pasien yang sedang dalam keadaan gawat darurat maka akan menyalakan sirene. Hal itu untuk meminta kelonggaran jalan pada pengguna jalan di depannya supaya ambulans bisa segera sampai Rumah Sakit. Pengemudi kendaraan yang di depan ambulans tentu tak akan serta merta menoleh ke belakang untuk memastikan sirene itu berasal dari kendaraan seperti apa. Tentu mereka paling tidak akan melihat kaca spion untuk melihat kondisi di belakangnya.

Nah, melalui kaca spion inilah pengemudi di depan ambulans tahu dan sadar dengan cepat bahwa itu adalah mobil ambulans. Hal itu bisa terjadi karena tulisan AMBULANCE yang dibalik menjadi ECNALUBMA bila dilihat pada spion akan terbaca AMBULANCE. Sebagaimana hukum atau prinsip cermin yang  selalu “membalik” sisi kanan dan kiri benda yang ada di hadapannya. Dengan begitu, pengemudi lain akan segera membeli jalan bagi ambulans untuk terus melaju kencang. 
Tulisan ECNALUBMA menjadi AMBULANCE bila dilihat pada spion (sumber gambar)

Lalu mengapa tulisan POLISI tidak dibalik sedangkan AMBULANCE ditulis terbalik? Padahal keduanya sama-sama daruratnya. Jumlah personil polisi sangat banyak. Ada beberapa jenis mobil dan sepeda motor yang siap siaga untuk membackup kendaraan sedang dalam keadaan darurat. Sedang personel maupun kendaraan untuk ambulans sangat terbatas jumlahnya. Akibatnya, seringkali mobil ambulans agak sedikit diabaikan oleh pengguna jalan lain.

Selain itu, bila sirene ambulans dibunyikan secara nyaring bahkan disertai klakson berkali-kali maka itu akan sangat mempengaruhi kondisi pasien yang dibawa dalam mobil ambulans. Penggunaan sirene pada ambulans juga harus digunakan dalam kondisi benar-benar darurat. Sebab bila penggunaannya serampangan malah akan menyebabkan gangguan bahkan menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan yang lainnya.

Sebagai gantinya pengemudi ambulans akan menggunakan lampu dim (mengedim) untuk memberikan kode pada pengendera di depannya. Hal itu juga sangat bermanfaat bila ternyata pengguna jalan di depannya itu sedang menutup rapat jendela mobil lalu sedang mendengarkan musik keras di dalam mobil. Pengemudi mobil itu cukup melihat spions lalu tampak bacaan “AMBULANCE” maka ia akan menyadari lalu segera menepi untuk memberi jalan.
 
Itulah beberapa alasan mengapa tulisan AMBULANCE ditulis terbalik. Setelah membaca tulisan ini diharapkan kalian jadi lebih sensitif bila melihat sirene ambulans berbunyi untuk memecah arus lalu lintas.