Mengenal Khasiat Gingseng Amerika yang Jarang Diketahui

Posted on 1 views

Selama ini ketika menyebut kata “gingseng” benak masyarakat akan tertuju pada negara Korea. Di mana ia dijuluki sebagai “Negeri Gingseng” oleh banyak kalangan. Padahal keberadaan tanaman gingseng tidak hanya tumbuh di Korea saja. Ada berbagai jenis Gingseng di bumi ini.

Tidak semua gingseng bermanfaat untuk kesehatan. Di antara gingseng yang dikenal berkhasiat untuk kesehatan adalah gingseng Jawa (Som Jawa), gingseng Himalaya, gingseng padang pasir, gingseng Jepang, gingseng Siberia, gingseng Korea atau China, dan tentunya adalah gingseng Amerika.

Ilustrasi Gingseng dan pohonnya (sumber gambar)

Dari banyak jenis gingseng yang beredar di masyarakat gingseng Amerika dan tentunya gingseng korea ialah dua macam gingseng yang paling banyak dicari. Keduanya sama-sama memiliki kadar ginsenoside yang cukup besar dibanding jenis ginseng lainnya. Bisa dikatakan gingseng banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara dan Asia Timur.

Penampakan daun atau pohon Gingseng Amerika (sumber gambar)

Sebagaimana dikutip dari Sabilillah, ginsenoside adalah zat atau senyawa aktif utama pada gingseng. Di mana ginsenoside punya strutktur kimiawi yang identik dengan dengan hormon manusia. Hal inilah yang menjadikan gingseng mampu mengendalikan sistem saraf sekaligus menstabilkan aktivitas hormon.

Berbeda dengan gingseng lainnya, kadar ginsenoside pada ginseng Amerika lebih manjur dalam membantuk otak untuk beradaptasi sekaligus memecahkan masalah stress atau depresi.  Lebih dari itu, ginseng Amerika juga mampu menggugah suasana tenang dalam hati. Tentu hal itu pula akan membuat tubuh menjadi bugar dan sehat.

Gingseng Amerika juga diklaim dapat meningkatkan nafsu makan, mengobati flu atau pilek, memperbaiki pencernaan, dan menguatkan kekebalan tubuh. Selain itu gingseng Amerika juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari kanker, anemia, impotensi, pusing, diabetes, nyeri sendi, dan demam.

Beberapa hal yang patut diketahui terkait gingseng, jenis gingseng apapun itu, ialah harus diketahui apakah gingseng tersebut merupakan tumbuhan liar atau hasil pengembangbiakan manusia. Apalagi bila itu menggunakan hasil rekayasa genetika yang masih tahap percobaan dan proses penanaman hingga panen menggunakan bahan kimia.

Perlu juga diperhatikan, bahwa kadar kandungan tiap tanaman gingseng bisa saja berbeda. Bahkan itu juga berlakau pada gingseng jenis yang sama serta tumbuh di lokasi yang sama. Hal itu terjadi karena keadaan di sekitar tanaman yang berbeda. Serta tentunya juga tergantung pada usia tanaman tersebut.
Itulah beberapa info tentang manfaat gingseng Amerika yang jarang diketahui.  Saran saja, bijaklah dalam menjaga kesehatan. Kalian harus jeli dalam memilah dan memilih obat. Jangan sampai obat yang harusnya mampu menyembuhkan malah bikin celaka karena tak cocok bagi tubuh kalian. Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat.

Disclaimer: Tulisan ini bukan untuk memberi saran kalian menggunakan gingseng amerika sebagai obat sakit. Lebih baik konsulitasikan pada dokter. Memang secara ilmiah kandungan gingseng banyak mengandung manfaat. Kenyataan itu sudah diakui dalam dunia kesehatan. Namun penggunaan yang pejak sesuai takaran yang telah dianjurkan dokter wajib diperhatikan.