Mengenal lebih jauh tentang penyakit Diabetes dan Seberapa Berbahaya Penyakit Diabetes.

Posted on 5 views

Diabetes melitus yang sering disebut juga penyakit kencing manis merupakan penyakit yang sudah terkenal di masyarakat, bukan karena penularan nya tetapi karena penyakit ini sangat sulit untuk di sembuhkan. Diabetes melitus sendiri di sebabkan karena tingginya jumlah kadar gula di dalam tubuh yang tidak dapat dikontrol dan sering di simpulkan juga bahwa penyakit diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kelainan rekasi kimia pada bahan yang dosis penggunaannya tepat tertentu seperti karbohidrat, protein dan lemak karena di dalam tubuh mengalami kekurangan enzim insulin atau kelebihan enzim insulin. 

      
Enzim insulin sendiri berasal dari bahasa latin “insula” yang mempunyai arti pulau karena enzim insulin ini di produksi di pulau-pulau langerhans tepatnya di bagian organ  tubuh pangkreas, enzim insulin sendiri merupakan hormon polipeptida yang mengatur jalannya metabolisme karbohidrat di dalam tubuh. Mengapa kadar insulin di katakan sebagai salah satu faktor penyebab seseorang terkena penyakit diabetes melitus.? Karena jika kadar insulin pada tubuh seseorang rendah maka tubuh akan mulai mengurangi penyerapan glukosa di dalam tubuh dan akan menggunakan lemak sebagai sumber energi, akibatnya kadar gula di dalam tubuh meningkat karena enzim insulin menggunakan lemak bukan menggunakan glukosa di dalam tubuh, kadar gula yang tinggi dan tidak dapat di kontrol itulah yang dinamakan penyakit diabetes. 
 
Di indonesia menurut situs sains.kompas.com Penyakit diabetes sendiri menduduki peringkat ke 7 pasien tertinggi di dunia sedangkan pada situs liputan6.com di dunia terdapat 10,3 juta pasien yang terkena penyakit diabetes. Di dunia menurut depkes.go.id penyakit diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan kematian nomor 6 di dunia. Penyakit diabetes sendiri secara orang awam membedakan terdapat dua jenis diabetes yakni diabetes kering dan diabetes basah. Diabetes kering sering di tandai dengan gejala saat terjadi luka pada tubuh seseorang luka tersebut tetap sembuh seperti biasa, badan kurus, sedangkan yang terkena diabetes basah luka yang terdapat pada pasien sangat sulit untuk sembuh, secara dunia kedokteran dua jenis ini sebenarnya tidak ada. Gejala penyakit diabetes mempunyai ciri-ciri yang dapat langsung di ketahui. Berikut ciri-ciri penyakit diabetes. 

  1. Gampang sekali merasakan rasa haus
  2. Sering melakukan buang air kecil
  3. Luka yang sukar sembuh walaupun luka tersebut sangat kecil dan apabila salah          penanganan maka luka tersebut akan semakin melebar
  4. Cepat sekali mengalami lapar 
  5. Badan menyusut atau kurus
  6. Kulit kering 
  7. Jika pada seseorang yang kadar gulanya tinggi maka pandangan akan kabur/              buram
  8. Pada organ tubuh bagian tertentu sering mengalami kesemutan dan mati rasa
  9. Emosional Meningkat

Jika Gejala-Gejala di atas terdapat pada seseorang, sudah di pastikan bahawa orang tersebut mempunyai penyakit diabetes. Penyakit diabetes sendiri bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan secara total, karena penyakit diabetes bukanlah penyakit yang jika sudah sembuh maka sudah terlepas dari diabetes. Penyakit diabetes dapat di kontrol dengan mengatur pola makan dan pola olahraga setiap hari. 
 
Pola makan yang di lakukan ialah dengan mengurangi penggunaan minyak pada masakan, mengurangi karbohidrat yang kadar glukosa nya tinggi, mengurangi minum-minuman seperti kopi, teh, dll dan jika pada perokok untuk berhenti segera kegiatas merokoknya. Jika kegiatan-kegiatan tersebut sudah dilakukan pasti nanti kadar gula di dalam tubuh akan menurun tetapi jika kadar gula di dalam tubuh sampai menurun terlalu jauh maka diperbolehkan untuk minum teh dengan gula secukupnya. Selanjutnya hal-hal untuk mengetahui tinggi atau rendah nya kadar gula dapat di konsultasikan pada dokter. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. 
  1. Faktor genetik / faktor keturunan
  2. Pola makan yang salah
  3. Obesitas
  4. Pola hidup yang tidak sehat. 
Faktor-faktor diatas ialah yang paling banyak menimbulkan penyakit diabetes, jika dari semua faktor diatas kita dapat menjaga pola hidup sehat kita secara langsung kita sudah melewati resiko terkena penyakit diabetes.