Mengenal Tanaman Ciplukan yang mengandung sejuta manfaat di dalamnya

Posted on 6 views

Mungkin beberapa orang masih asing dengan tanaman yang satu ini, ya tanaman ciplukan termasuk kedalam Kingdom Plantae dan banyak ditemui di daerah yang lingkungannya masih terjaga seperti tegalan sawah, perkebunan, ataupun berada pada pekarangan rumah.
 
Ya tanaman ciplukan memiliki ciri-ciri  buah kecil yang tertutup oleh kelopak bunga, saat buah masih baru keluar warna dari penutup kelopak bunga tersebut hijau dan jika kita membuka pembukus buah tersebut maka akan ditemukan buah. Saat belum masak buah ciplukan di tandai dengan rasa yang pahit tetapi jika sudah masak rasa buah cukup manis walaupun tidak sepenuhnya mempunyai rasa yang manis terlebih lagi jika buah yang terdapat pada tanaman ciplukan jatuh sendiri maka rasa yang dihasilkan akan terasa lebih manis.

 Gambar 1. Pohon Ciplukan
 
Di berbagai daerah penamaan tanaman ini mempunyai nama yang berbeda-beda mulai dengan nama kopok-kopokan pada penamaan bahasa Bali, cecendet pada penamaan bahasa sunda dan masih banyak lagi. Zaman dahulu mungkin tanaman ciplukan belum terlalu di lirik oleh kebanyakan masyarakat karena ketidaktahuan manfaat buah ciplukan itu sendiri dan dianggap hanya tanaman perdu/liar biasa yang tumbuh di sekitar pekarangan rumah/ tegalan sawah/ kebun terlebih lagi jika tanaman ciplukan yang tumbuh terlalu rimbun yang akan di anggap sebagai tanaman liar yang tidak mempunyai manfaat apa-apa. Tetapi sekarang tanaman ciplukan mulai menunjukan eksisteni nya sebagai tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat.

Gambar 2. Buah ciplukan
 
Karena tanaman ciplukan terbukti mempunyai banyak manfaat mulailah banyak orang yang sudah membudidayakan tanaman ciplukan tersebut dan karena manfaat tanaman ciplukan tersebut walaupun saat ini hanya pada buahnya menjadikan suatu ladang usaha/bisnis yang menjanjikan, karena sekarang buah tanaman ciplukan sudah masuk kedalam pasar-pasar modern yang dikemas sedemikian rupa menariknya samapai pada saat itu harga buah ciplukan perkilo nya mencapai Rp. 500 rb – Rp. 600 rb rupiah fantastic bukan?. Berikut saya akan memberikan beberapa manfaat dari buah tanaman ciplukan bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Daun dan Buah Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Menurut situs www.honestdocs.id daun dan buah ciplukan mempunyai kandungan berikut ini :

1. Memiliki anti inflamasi
2. Kaya dengan kandungan antioksidan
3. menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
4. Sebagai obat kanker pada penderita kanker payudara
5. Mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
6. obat herbal tuberkulosis

Banyak sekali bukan manfaat dari tanaman ciplukan sudah saatnya kita memperhatikan hal-hal sederhana yang mempunyai manfaat besar bagi kehidupan. sekian artikel oleh saya jika ada salah kalimat mohon di ingatkan terimakasih.