Penyakit Serangan Jantung : Ciri – Ciri Penyakit Jantung

Posted on 2 views

Penyakit serangan jantung ialah penyakit yang menyebabkan kematian nomor 1 di Dunia. Bagaimana si kondisi seseorang saat terkena serangan jantung.? Serangan jantung ialah kondisi seseorang dimana darah yang membawa oksigen menuju jantung tidak dapat langsung menuju ke jantung tetapi terhambat di bagian otot-otot jantung, akibatnya jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup yang mengakibatkan jantung mengalami kegagalan menjalankan kerjanya. Jika darah yang kaya oksigen tetap berada pada otot jantung dan tidak segera di lancarkan alirannya maka perlahan jantung akan mulai mati, dan akibatnya terjadilah serangan jantung, kondisi ini dinamakan infark miokard. Infark miokard ialah kondisi gawat darurat pada pasien serangan jantung yang dapat berakibat sangat fatal jika tidak segera di tangani dengan cepat dan tepat. Kondisi ini banyak terjadi pada pria usia diatas 45 tahun sendangkan pada wanita terjadi pada usia 55 tahun ke atas dan tetap penyakit jantung atau serangan jantung ialah penyakit yang menjadi banyak penyebab kematian pria atau wanita di dunia ini. 

 

Gejala-Gejala seseorang terkena serangan jantung dapat di rasakan langsung oleh seseorang penderita serangan jantung. Seperti kondisi dada nyeri dan terasa berat hingga sangat berat seperti tertimpa benda berat. Itulah tanda yang paling umum di rasakan penderita yang terkena serangan jantung. Sedangkan gejala-gejala umum yang di rasakan penderita serangan jantung ialah berkeringat yang tidak kenal waktu, nafas pendek, tekanan jantung yang memompa tidak beraturan dapat cepat atau pun lambat dan gangguan pencernaan. 

Apa si penyebab-penyebab serangan Jantung.?


Penyebab yang pertama penyakit serangan jantung ialah zat lilin yang di sebut plak menempel dan menumpuk pada pembuluh arteri koronaria. Akibatnya darah yang mengandung oksigen tinggi tidak dapat melewati pembuluh arteri koronaria yang pembuluh darah tersebut tujuan utamanya menuju ke jantung, tersebut akibatnya jantung mengalami kegagalan dalam menjalankan kerjanya. 

Penyebab yang kedua yakni penyempitan hebat pada pembuluh arteri koronaria yang menyebabkan tertutupnya aliran darah yang kaya oksigen terhambat atau terhenti pada pembuluh arteri yang tertutup tersebut akibatnya jantung mengalami kegagalan dalam menjalankan kerjanya. 

Penyebab yang ketiga penyakit serangan jantung ialah perobekan arteri koronaria jantung yang secara tiba-tiba dan spontan.

Hal-hal yang dapat meningkatkan seseorang dapat terkena serangan jantung.

Serangan jantung dapat terjadi pada siapapun, pada umur berapapun, tetapi yang paling beresiko ialah seseorang yang berumur 45 tahun ke atas lebih beresiko terkena serangan jantung. Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena serangan jantung.

1. Tekanan darah tinggi
2. Merokok
3. Pola makan yang tidak sehat
4. Obesitas
5. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh seseorang 
6. Kurangnya aktivitas seperti olahraga dll
7. Faktor keturunan
8. Stress berat

Dari hal-hal diatas tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang tidak merokok, tidak mempunyai tekanan darah tinggi dll, dan badan sehat bugar tidak akan terkena penyakit serangan jantung.