Pernah Dengar Istilah Kotak Pandora? Inilah Kisah di Baliknya

Posted on 1 views

Kali ini kami akan mengangkat tulisan tentang mitologi Yunani. Kalau dulu kami menulis tentang kisah perang Troya, sekarang mengulas tentang kotak pandora. Kalian pernah mendengar istilah itu bukan? Yups, kotak pandora sebenarnya bukanlah berbentuk kotak yang seperti peti harta karun tetapi ia adalah guci. Meski sebagian kisah mengatakan bahwa kotak pandora memang berwujud kotak mewah yang penuh pernak-pernik.

Kata Pandora sendiri berasal dari nama perempuan pertama yang tercipta menurut mitologi Yunani. Di saat hari pernikahannya para Dewa memberi Pandora hadiah yang sudah disiapkan yaitu sebuah guci teramat indah. Namun, ada syarat mutlak yang tak boleh dilanggar olehnya. Yakni, ia tak boleh membuka “kotak” yang berwujud guci itu sampai kapan pun.

Para Dewa yang kecewa terhadap kesalahan manusia di masa lalu terlihat sengaja menghukum manusia dengan “menghadiahi” mereka wanita bernama Pandora. Naas, Pandora begitu penasaran terhadap isi guci mewah itu. Luarnya saja begitu memikat mata apalagi dalamnya. Begitulah pikiran yang ada di hatinya. Sebagai leluhur perempuan ia sudah memiliki sifat dasar suka perhiasan.

Suatu hari, setelah kotak itu dibuka oleh Pandora maka keluarlah berbagai macam bencana yang kelak akan terus menimpa manusia. Sebut saja seperti penyakit fisik, kejahatan, penderitaan, penyakit hati, dan semacamnya. Aroma menakutkan, menyeramkan, atau mengerikan terlepas terbang bebas dari kotak. Berbagai macam keburukan itu akhirnya menyebar luas ke penjuru bumi hingga umat manusia terjangkiti. 

Di tengah rasa menyesal yang amat dalam, tatkala Pandora melihat kembali isi kotak dan mencoba menutupnya lagi, ternyata masih ada satu hal yang tersisa. Anehnya satu hal tersebut tidak bertaburan ke berbagai penjuru sebagaimana isi kotak yang lainnya. Ternyata satu hal itu yang masih tersisa adalah harapan. Pandora sebagai manusia cantik yang tak memiliki kekuatan sebagaimana dewi Yunani itu masih punya “harapan”.
 
ilustrasi Pandora membuka guci (sumber gambar)

Dewa memang menghukum umat manusia karena dosanya. Namun Dewa masih bijaksana dengan memberi mereka satu harapan. Satu-satunya hal yang mampu menenangkan hati manusia di saat menderita terkena musibah adalah harapan. Bisa dikatakan kotak pandora adalah sebuah hal yang terlihat berharga tapi sebenarnya itu adalah azab/kutukan. Kotak pandora adalah sesuatu yang diinginkan tapi ternyata membawa masalah besar.
 
Kotak pandora adalah benda atau perilaku yang menyebabkan masalah yang tak terduga. Sekali dibuka begitu sangat rumit dan sulit sekali untuk diselesaikan. Sekali berbuat kesalahan, semuanya tak akan bisa dikembalikan seperti sedia kala. Banyak konsekuensi yang harus diterima. Sungguh ironis, hanya satu kesalahan saja kehidupan umat manusia menjadi jauh lebih berbeda dari sebelumnya.

Dari sini dapat diambil pelajaran bahwa tidak semua keingintahuan harus dilampiaskan dengan mencari tahu. Terutama bila ternyata itu juga disertai janji pada orang lain untuk tidak mencari tahunya. Jangan sampai keingintahuan pribadi menyebabkan ia harus melanggar hak orang lain. Jangan sampai ego pribadi menyebabkan masalah carut-marut bagi banyak orang di masyarakat. Oleh sebab itu, simpanlah baik-baik kota pandora itu. Jangan sekali-kali tergoda untuk membukanya.