Setidaknya 5 Organ Tubuh Ini Akan Istirahat Saat Puasa

Posted on 1 views

Di antara berjuta hikmah berpuasa maka istirahatnya organ tubuh merupakan salah satu di antaranya. Sebagian besar organ tubuh yang istirahat tersebut tentunya adalah organ atau komponen dari sistem pencernaan. Walau sayangnya ditemui banyak kasus organ tubuh istirahat total di siang hari tapi sangat “ngos-ngosan” ketika malam hari.

Terlepas dari kasus di atas, paling tidak saat puasa organ tubuh akan istirahat meski hanya di siang hari saja. Hal itu bisa terjadi karena minimnya persiapan diri menjelang momen bulan Ramadan. Sudah barang tentu akibat buruknya akan dirasakan. Salah satunya ialah tubuh menjadi drop saat puasa.


Organ pencernaan (sumber gambar)

Tubuh menjadi drop terjadi bisa karena pola makan yang salah. Di mana organ tubuh terutama sistem penceranaan seharusnya juga tidak terlalu dipaksa bekerja keras di malam hari malah diforsis. Bisa dikatakan puasa seharusnya tidak hanya mengistirahatkan tubuh dari perbuatan sia-sia tapi juga mengistirahatkan organ tubuh.
Berikut ini 5 organ tubuh yang tak bekerja saat kalian menjalankan ibadah puasa:

1. Lambung

Pada saat perut kosong pergerakan lambung dengan sendirinya diperlambat. Begitu pula produksi cairan asam lambung secara alami akan berkurang jauh dari hari-hari biasa. Dengan begitu dinding lambung akan terhindar dari “serangan” korosi dari asam lambung.

2. Kantung empedu

Allah SWT memang Maha Bijak. Saat puasa kerja empedu juga akan ikut diistirahatkan. Di mana, cairan dalam empedu akan memekatkan diri selama ia istirahat. Hal itu sekaligus mempersiapkan supaya mudah menggerus lemak saat waktu berbuka puasa tiba.

3. Hati

Hati atau liver saat berpuasa memang tak istirahat. Namun, beban kerjanya jauh lebih berkurang dari pada hari-hari selain Ramadan. Saat puasa, hati bertugas menyalurkan bahan bakar kalori yang didapat dari “memecahkan” gumpalan glukosa yang tersimpan di hati. Proses itu dilakukan karena hati tidak lagi mendapat asupan glukosa dari makanan.

4. Pankreas

Pada saat hari biasa, pankreas bekerja menghasilkan insulin. Yakni, yang berfungsi merubah kandungan gula (glukosa) dalam makanan menjadi energi. Di saat puasa ini pankreas beristirahat total. Sebagai gantinya, pankreas “memerintah” hati untuk melepas cadangan glukosanya.
 
5. Usus

Baik usus kecil maupun usus besar akan istirahat saat puasa. Porses “pengilingan” berhenti maka pada usus kecil proses penyerapan nutrisi pun ikut istirahat. Begitu pula dengan usus besar juga akan menyesuaikan diri. Ia akan mengontrol diri untuk menyerap cairan yang masuk. Hal itu supaya tidak terjadi pengunaan cairan dalam tubuh secara boros.