Ulasan Film Hit & Run: Film Aksi Komedi yang Memadukan Ketegangan dengan Kelucuan

Posted on 2 views

Film ini diawali dengan aksi Coki (diperankan Yayan Ruhian) yang mencoba kabur dari penjara. Dalam misi melepaskan diri itu ia dibantu oleh kekuatan penuh dari anak buahnya yang berada di luar sel. Bisa dikatakan film ini diawali dengan aksi penuh ketegangan bahkan dibumbui dengan suasana horror. Lalu disusul dengan aksi tembak menembak yang cukup menegangkan.

Setelah plot cerita di atas berakhir beberapa saat kemudian tingkah jenaka tokoh film mulai nampak. Lalu, masih di awal film berlangsung sudah ada hal yang tak terduga dimunculkan. Terdapat misteri terkait keluarga Tegar (diperankan Joe Taslim) yang coba dibangun oleh sutradara. Nyatanya, itu bukan hanya sekedar selingan belaka. Sebab di pertengahan film misteri itu akhirnya terungkap.

Tak lama setelah itu kelucuan para pemain sering menghiasi alur cerita. Semua jenis banyolan muncul di sini. Mimik wajah, intonasi kata, aksi-reaksi sesama tokoh, dan pilihan kata yang mengandung satir semua itu terkombinasi dalam sebuah lawakan yang bikin penonton tertawa meledak. Bisa dikatakan kelucuan yang dibangun bukan hanya secara verbal tapi juga non verbal.

Latar cerita berlokasi di Jakarta. Namun, properti atau peralatan film settingannya bukan Indonesia banget. Terlihat jelas plat nomor, seragam sipir penjara, hingga model seragam polisi semuanya palsu alias modifikasi sendiri. Di peralatan polisi seperti rompi, perisai, dan mobil tidak bertulis “POLISI” tapi police. Itu semua menghilankan kesan suasana Indonesia.

Film ini juga mengandung nilai moral tinggi. Salah satu di antara yang dapat dipetik ialah mengajarkan “tetap hidup” dengan normal meski di tengah cobaan menerpa. Meski di belakang terdapat cobaan yang harus diselesaikan. Nilai baik lainnya ialah solidaritas pada sahabat dan totalitas berkorban untuk keluarga. Serta dalam film terdapat “sindiran” bahwa masih ada kesenjangan sosial antara kaum terpinggir dengan kaum berduit.

Secara umum, alur utama cerita ini adalah memburu pelaku kejahatan kartel narkoba yang kabur dari penjara. Untuk menemukan penjahat itu Tegar dihadapkan dalam situasi yang memaksa dirinya harus berpartner dengan seorang penipu kelas teri. Mereka berdua akhirnya mengumpulkan info terkait Coki yang menjadi sasaran buru. Di tengah pelacakan itu Tegar dihadapkan pada situasi yang tak terduga.

Film ini adalah film aksi yang mengandung komedi. Di dalamnya menayangkan banyak pukulan, cucuran darah, tangan patah, tembak menembak, dan tabrakan kendaraan. Tak ketinggalan pertarungan jarak dekat baik dengan senjata maupun tangan kosong juga berdurasi tak sedikit. Tak hanya itu, selain dipenuhi komedi film ini juga dibumbui dengan adegan cinta kasih nan romantis yang penuh pengorbanan.

Untuk adegan kisah percintaan juga disajikan dalam porsi yang tak sebentar. Bahkan, ada adegan dua sejoli yag sedang mabuk cinta bernyanyi berduaan. Dengan diiringi lantunan piano di restoran. Lebih dari itu, dua sejoli itu ternyata juga berkolaborasi bersama saat menghajar para penjahat di salah satu acara pesta ulang tahun. Tak salah bila film ini dikatakan sebagai film kombinasi aksi-komedi-percintaan.

Dua partner dalam film hit & run (sumber gambar)

Akhirnya, Tegar dan teman barunya itu mendapat info tentang sindikat yang dinaungi oleh Coki. Informasi itu didapat secara tidak terduga sehingga bikin penonton merasa yakin bahwa Coki adalah penguasa utama dari sindikat itu. Tebakan penonton itu akan terjawab apakah benar atau salah saat akhir film sudah mulai berlangsung.

Hal yang tak terprediksikan banyak dihadirkan dalam film ini. Di awal film hingga menjelang berakhirnya film siapa sebenarnya antagonis utama film tersebut tidak ada yang tahu. Selain sosok Coki yang dimunculkan secara menonjol. Menyebabkan seakan dialah penguasa utama dunia hitam dalam cerita Hit and Run. Itu terjadi salah satu sebabnya karena penonton dibuat terlena dengan kekonyolan para tokoh film.

Film ini merupakan film yang berakhir secara bagus. Bagi kalian yang suka film happy ending, film ini menyuguhkannya secara tuntas. Semua ganjalan atau misteri dalam film Hit & Run yang dibangun sejak awal cerita semuanya sudah terjawab secara tuntas. Kegembiraan secara sempurna sehingga bisa memuaskan dahaga penonton ditampilkan dengan mantap.

Menonton film ini tak ada ruginya. Terutama bagi kalian yang banyak waktu luang serta butuh hiburan. Semoga ulasan film Hit & Run ini bisa memberikan sedikit gambaran sehingga membuat kalian penasaran untuk menonton. Selamat menonton. Jangan lupa ketika mau menonton untuk melakukan sensor secara mandiri.