Variasi Mobil: Empat Tujuan Positif Dibalik Penggunaan Aksesoris Tambahan atau Modifikasi Mobil

Posted on 1 views

Pada umumnya pengguna jalan melakukan modifikasi kendaraan untuk mempercantik tampilan kendaraan. Bagi mereka memenuhi tuntutan gaya hidup merupakan kebutuhan. Kategori yang seperti itu mau melakukan modifikasi kendaraan bertujuan untuk cari perhatian, pamer, jor-joran alias tak mau kalah bersaing, ingin terkesan eksklusif (spesial), dan semacamnya. Mereka akan mengenyampingkan fungsi primer dari modifikasi itu sendiri.

Selama ini modifikasi kendaraan memang diientikkan dengan hal-hal negatif. Seperti suara knalpot bising, bentuk kendaraan jadi norak, dan hal-hal aneh lainnya.  Padahal tak semua modifikasi kendaraan itu selalu menghasilkan hal negatif. Contohnya adalah variasi mobil. Seringkali modifikasi mobil malah akan membuat penggunanya aman, nyaman, dan secara keseluruhan jadi lebih menguntungkan.

Dengan memodifikasi mobil tak selamanya akan membuat tampilan mobil jadi lebih ganjil. Bahkan bengkel dan variasi mobil yang terpercaya akan mampu mengkombinasikan antara keselamatan dengan keindahan. Tidak hanya asal pasang aksesoris tapi juga mampu memadukan antara kebutuhan dengan kondisi bawaan mobil. Dengan begitu akan tercipta variasi mobil yang tak hanya bagus dilihat tapi tetap aman dan nyaman digunakan.

Contohnya saja ialah saat pasang kaca film. Di mana hampir semua mobil keluaran terbaru sudah menggunakan fasilitas pelindung teriknya matahari itu. Penggunaan kaca film tingkat kegelapannya juga disesuaikan dengan bentuk mobil. Tidak hanya asal pasang tapi diukur secara tepat sejauh mana tingkat gelap yang diperlukan untuk melindungi pengguna mobil dari terik matahari. Sebab bila terlalu gelap dapat mengurangi jarak pandang saat hujan tiba.

Langsung saja berikut ini beberapa tujuan penggunaan aksesori tambahan (modifikasi) pada mobil:

1. Menjaga Kesehatan

Kaca film dapat membantu menghindari bahaya sinar ultra violet yang dipancarkan dari matahari. Di mana salah satu ancaman paling terlihat akibat darinya ialah terkena penyakit katarak dan kanker kulit. Selain itu penggunaan karpet mobil yang dapat “menyerap” debu dan kotoran tanah dapat mencegah pengguna mobil dari ancaman alergi dan rentan terkena penyakit. Hal itu bisa terjadi karena orang yang di dalam mobil akan menghirup udara kotor yang disebabkan kotornya alas kabin mobil.

2. Menjaga Keamanan

Seringkali pemakai mobil baru atau mewah rentan mendapat “ancaman” kerusakan akibat huru-hara, pencurian, perampokan, dan semacamnya. Oleh sebab itu pemasangan aksesoris untuk mencegah semua itu bukanlah suatu kesalahan. Asal dilakukan dengan wajar dan tak begitu mencolok. Salah satu aksesori yang digunakan berupa alarm, GPS, gembok atau kunci setir, kunci roda, kontak/kunci yang “terenkripsi”, kunci rahasia pemutus aliran listrik, dan lain-lain.

3. Menjaga Keselamatan

Saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti benturan mobil dengan kendaraan atau benda lain maka tentu kita semua ingin tetap selamat. Salah satu perangkat yang dapat menunjang keselamatan ialah bemper mobil. Baik itu bemper depan, belakang, maupun samping kiri dan kanan. Selain itu bemper mobil juga dapat melindungi bodi kendaraan dari kerusakan parah saat terjadi benturan.
 
ilustrasi mobil hasil modifikasi (sumber gambar)

Selain bemper, sarung atau selimut setir sebenarnya juga penting. Hal itu untuk mengantisipasi pengemudi melakukan selip (terpeleset) saat menyetir. Terutama saat kondisi tangan sedang berkeringat. Penggunaan lampu tambahan seperti mata kucing juga tak kalah pentingnya. Sebab dengan lampu tambahan itu pengendara dari belakang mobil akan menjadi jauh lebih waspada. Dengan begitu potensi kecelakaan akan jadi lebih minim. 
4. Menjaga Kenyamanan

Untuk fitur tambahan yang biasanya digunakan oleh mobil baru ialah selimut jok. Selain menambah indah keberadaan selimut jok juga bisa bikin nyaman pengemudi maupun penumpang. Mengganti angin dalam ban dari angin “biasa” menjadi nitrogen merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan. Sebab bila kondisi ban mobil diisi oleh angin biasa reaksi ban saat bergesekan dengan aspal maupun benda keras yang menonjol akan jauh lebih terasa “keras”.

Penggunaan spoiler (semacam sayap) tambahan pada mobil juga sangat membantu menyamankan laju mobil terutama saat cepat. Spoiler akan mencegah mobil sedikit terangkat saat melaju dalam kecepatan tinggi. Dengan begitu laju mobil tetap stabil karena tetap bisa dikontrol dengan mudah oleh pengemudi. Gaya aerodinamika pada mobil yang mendukung itu akan menciptakan suasana nyaman dalam berkendara.

Sebenarnya masih banyak fitur atau aksesoris tambahan lainnya yang tidak disebutkan seperti di atas. Banyak sekali aksesoris yang mungkin saja belum terpikirkan oleh kalian yang sebenarnya itu sangat penting atau dibutuhkan oleh mobil kalian. Namun secara global yang perlu diingat adalah bahwa tujuan modifikasi mobil itu hanya ada empat seperti di sebutkan di atas. Selain itu tujuannya hanya untuk keindahan dan memenuhi gaya hidup mewah. Oleh sebab itu, jangan asal pilih aksesoris tapi sebenarnya itu tak diperlukan.

Pada dasarnya semua jenis mobil apapun itu merk dan spesifikasinya semuanya dapat dimodifikasi. Tinggal ingin ditonjolkan modifikasi untuk tujuan apa? Apakah untuk menjaga kesehatan, keamanan, keselamatan, atau kenyamanan? Semua kebutuhan modifikasi itu mampu akan dipenuhi oleh toko variasi mobil. Biasanya selain menjual fitur modifikasi mereka akan memberikan layanan gratis pemasangannya. Selamat memodifikasi kendaraan kalian. Semoga selamat selalu dalam berkendara.